PENGERTIAN MENGAJAR
DAN PEMBELAJARAN
A. Definisi Mengajar
Mengajar pada prinsipnya adalah membimbing siswa dalam
kegiatan mengajar yang mengandung pengertian bahwa mengajar merupakan usaha mengorganisasikan lingkungan dalam hubungannya dengan anak didik dan
bahan pengajaran, sehingga terjadi proses belajar mengajar.
Ø Arifin (1978) mendefinisikan bahwa mengajar adalah suatu
rangkaian kegiatan penyampaian bahwa pelajaran kepada murid agar dapat
menerima, menanggapi, menguasai, dan mengembangkan bahan pelajaran tersebut.
Ø Nasution (1986) berpendapat bahwa mengajar adalah suatu
aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan
menghubungkannya dengan anak, sehingga terjadi proses belajar.
Ø Tardif (1989) mendefinisikan mengajar adalah any action
performed by an individual (the teacher) with the intention of facilitating
learning in another individual (the learner), yang berarti mengajar adalah
perbuatan yang dilakukan seseorang (dalam hal ini pendidik) dengan tujuan
membantu atau memudahkan orang lain (dalam hal ini peserta didik) melakukan
kegiatan belajar.
Ø Menurut Sardiman (2003:45): Mengajar diartikan sebagai suatu
aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan
menghubungkan dengan anak, sehingga terjadi proses belajar. Atau dikatakan ,
mengajar sebagai upaya menciptakan kondisi yang kondusif untuk berlangsungnya
kegiatan belajar bagi para siswa.
Berdasarkan
definisi mengajar dari para ahli di
atas, dapat disimpulkan bahwa mengajar adalah suatu aktivitas yang tersistem
dari sebuah lingkungan yang terdiri dari pendidikan dan peserta didik untuk saling
berinteraksi dalam melakukan suatu kegiatan sehingga terjadi proses belajar dan
tujuan pengajaran tercapai.
B. Definisi pembelajaran
Pembelajaran merupakan aktivitas
yang paling utama. Ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan
banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung secara
efektif. Proses pembelajaran juga merupakan proses
komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui
saluran/media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran/ media
dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Proses yang akan
dikomunikasikan adalah isi ajaran ataupun didikan yang ada dalam
kurikulum, sumber pesannya bisa guru,
siswa, orang lain ataupun penulis buku dan media.
Ø MUNIF CHATIB
Pembelajaran
adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan
siswa sebagai penerima informasi.
Ø G. A. KIMBLE
Pembelajaran
merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakuan akibat
latihan yang diperkukuh.
Ø ACHJAR CHALIL
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
Ø RAHIL MAHYUDDIN
Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek
Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek
Berdasarkan definisi dari
para ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah perubahan kekal
yang diakibatkan latihan yang diperkukuh dan terjadi proses transfer ilmu
antara pendidik dengan peserta didik pada suatu lingkungan.
0 komentar:
Posting Komentar